Membuat Aplikasi Kalkulator di Android Studio

Di post sebelumnya saya telah menyinggung tentang  Android Studio, pada post kali ini saya akan membahas bagaimana membuat aplikasi sederhana di android studio. Aplikasi yang sederhana yang saya buat kali ini adalah kalkulator. Berikut adalah cara bagaimana membuat kalkulator di Android Studio.

1. Buka aplikasi android studio

 2. Buka New>New Project dan beri nama project yang akan kita buat, saya membuat project ini dengan NabilaCalculator
3. Pilih target device yang akan menggunakan aplikasi ini seperti minimal OS dan jenis device
4. Setelah itu pilih activity yang akan digunakan pada aplikasi ini, saya memilih basic activity

5. Beri nama activity yang telah dipilih
6. Buat desain kalkulator sedemikian rupa, untuk mempermudah saat coding bisa diganti nama ID dari masing-masing widget pada design seperti misalkan untuk tombol aritmatika nama ID digantikan menjadi kali,bagi,tambah dan kurang. Untuk mengganti ID bisa klik 2 kali pada widget yang digunakan
7. Tampilan teksnya seperti ini
8. Setelah design selesai, kita coding aplikasi pada Main.java


9. Setelah selesai di coding, kita dapat menyambungkannya ke hp dengan cara di debug
10. Setelah tersambung dengan hp maka aplikasi akan langsung running























CONVERSATION

1 comments:

Powered by Blogger.
Back
to top